Peringatan Isra Mi\\
Peringatan Isra Mi\\

By SMAN 1 Pengaron 16 Feb 2024, 09:13:50 WIB Dunia Islam
Peringatan Isra Mi\\

Gambar : Isra Mi


Suasana pagi penuh khidmat menyelimuti sekolah SMA Negeri 1 Pengaron. semua pegawai menggunakan pakain muslimin dan muslimah. Begitu juga dengan siswa/i kelas X s.d. XII menggunakan pakaian yang sama, dalam rangka memperingati Isra Mi’raj 1445 H. Kamis, ( 02/01)

 

Acara peringatan Isra Mi’raj 1445 H. Dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pengaron, mulai pada pukul 08.00 WITA. Acara dimulai dengan pembacaan maulid habsy oleh siswi SMA Negeri 1 Pengaron, kemudian dilanjutkan dengan membacakan lantunan ayat-ayat suci alqur’an. Al qur’an adalah mukzizat terbesar yang selalu terjaga keutuhannya sepanjang zaman, yang tentunya harus kita Imani dan kita amalkan. Siapa pun yang membaca dan mendengarkannya, mendapatkan banyak keberkahan. Pembacaan ayat-ayat suci al qur’an kali ini lagi-lagi koriq SMA Negeri 1 Pengaron atas nama Hairul kelas X Merdeka 3.  

Acara selanjutnya,sambutan kepala sekolah Penggerak SMA Negeri 1 Pengaron, Hj. Ayu Herlina Rustam, S.Hut, M.Pd, dalam sambutannya menyampiakan, dapat dikutip sebagaian mengatakan.

“ Dalam rangka peringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H. Salah satu menunjukan kecintaan kita  kepada Allah SWT. Di sisi lain, ia mengatakan dalam sambutannya. Dimana siswa/i SMA Negeri 1 Pengaron, harus menanamkan sifat kejujuran kepada sesama manusia dan juga wajib melaksanakan shalat 5 waktu karena itu merupakan kewajiban setiap orang muslim,” ujarnya bapak kepala sekolah dalam sambutan peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW DI SMA Negeri 1 Pengaron.

 

 

Selanjutnya acara ceramah agama, pada inti kegiatan ini disampaikan oleh Tuan Guru Mahran Karim , dalam ceramahnya menyampaikan pesan-pesan kepada seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Pengaron. Abil khususnya kepada siswa/i yang sudah masuk remaja, bagian dari generasi milenial. Pesan yang di sampaikan oleh Tuan Guru  Mahran Karim memperkuat apa yang disampaikan oleh Ibu Ayu Herlina Rustam, S.Hut, M.Pd, dalam sambutan beberapa menit lalu.  Oleh karena itu, dapat dikutip sebagaian apa yang disampaikan,beliau mengatakan.

“Sifat kejujuran harus ditanamakan dalam diri. Setelah dalam diri, baru mentransfer sifat kejujuran itu kepada orang tua, guru, dan masyarakat lainnya,” ungkap Tuan Guru Mahran Karim di hadapan seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Penngaron, saat memberikan ceramah agama peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

 

Isra Miraj merupakan peristiwa penting bagi umat Islam. Momen ini memperingati perjalanan di malam hari yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh.

Peristiwa Isra Miraj sendiri terjadi pada tanggal 27 Rajab di tahun ke-8 kenabian. Kisah Isra Miraj ini terdapat dalam Al-Qur'an surat Al Isra.
Jika biasanya wahyu untuk Nabi Muhammad SAW disampaikan melalui perantara Malaikat Jibril, kali ini Allah SWT memberikan perintahnya langsung.
Isra Miraj sendiri bukan merupakan satu peristiwa, melainkan dua peristiwa yang terjadi pada waktu yang berbeda.

Isra merupakan peristiwa perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa. Pada saat itu, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan mengendarai Buraq.

Sementara Miraj merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Bumi menuju langit ke-7 dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha bertemu dengan Allah SWT untuk menerima perintah mendirikan salat secara langsung. Perintah ini diberikan untuk Nabi Muhammad dan umatnya.

Awalnya, Rasulullah diperintahkan untuk menjalankan 50 kali salat.

Namun, karena takut umatnya tak bisa menjalankan salat sebanyak 50 waktu, Rasulullah meminta keringanan hingga hanya perlu menjalankan perintah salat 5 waktu dalam sehari semalam.

 

Kegiatan acara peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H. Berjalan dengan lancar. Acara di tutup dengan berdoa bersama. Di pimpin langsung oleh Tuan Guru Mahran Karim. Setelah beliau memberikan ceramah agama kepada seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Pengaron.***  




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment